Kajati Sumsel Pastikan Kasasi Atas Putusan Bebas Aiptu Rudial

Pengadilan Negeri Baturaja, Ogan Komering Ulu di Sumatera Selatan menjatuhkan vonis bebas kepada Aiptu Rudial dalam kasus narkoba. Kejaksaan Tinggi merespon hal tersebut memerintahkan JPU untuk melakukan kasai.

“Kita menghargai pertimbangan hakim tetapi untuk hasilnya tidak. Oleh karena itu kami melakukan kasasi,” kata Kajati Sumatera Selatan, Sugeng Purnomo.

Dijelaskan oleh Sugeng, pihaknya tidak akan berbicara terkait dengan jumlah barang bukti. Akan tetapi putusan tersebut dinilai tidak sesuai dengan tuntutan dan berbagai fakta yang terungkap di persidangan.

Kajati Sumsel Pastikan Kasasi Atas Putusan Bebas Aiptu Rudial

“Saya tidak bahas barang bukti apakah banyak atau tidak. Yang jelas bagi kami adalah kami akan melakukan kasasi. Saya minta kepada jaksa untuk menyiapkan berkas sesuai dengan batas waktu yang ditentukan untuk melakukan kasasi,” kata Sugeng.

Sementara itu Asisten Pidana Umum Kajati Sumse, Sila Pulungan menyebutkan bahwa alat bukti dan saksi yang dihadirkan selama persidangan sudah sangat mendukung argumen dari JPU. Jaksa menilai bahwa semua hal yang dituduhkan sudah terbukti secara sah.

“Kami menurut hemat kami semua sudah terbukti pada persidangan tetapi mungkin hakim memiliki pertimbangan dan cara pandang yang lain sehingga memutus bebas. Kami pikir-pikir tetapi pertimbangan untuk melakukan kasai.”

“Itu putusnya bebas, tentulah kami kasasi. Ini sekarang sedang menyiapkan berbagai berkas hingga 7 hari kedepan sesuai dengan ketentuan waktu maksimal mengajukan kasasi. Hari Kamis paling terakhir,” jelasnya.

Untuk diketahui, Aiptu Rudial diamankan oleh tim gabungan yang dipimpin oleh Kasat Narkoba Polres Ogan Komering Ilir, AKP Widhi Andika pada Oktober lalu. Selain oknum polisi aktif tersebut, aparat juga mengamankan beberapa orang yang disinyalir sebagai bandar.