Narapidana India Nekat Menelan Ponsel Beserta Charger di Penjara

Seorang narapidana di penjara India nekat menelan ponsel dan charger miliknya demi menghindari pemeriksaan. Insiden itu terjadi di Penjara Tihar di New Delhi, yang dianggap sebagai salah satu penjara terbesar dan salah satu kompleks penjara paling aman di Asia.

Ponsel tersebut telah dikeluarkan dari dalam perut narapidana itu melalui jalan operasi. Rajaram nekat menelan bulat-bulat ponsel miliknya, termasuk charger dan kartu SIM, demi menghindari pemeriksaan yang dilakukan petugas penjara.

Ilustrasi sel tahanan.

Pemeriksaan tersebut dilakukan setelah pihak penjara menerima laporan jika Rajaram telah menyembunyikan ponsel di dalam selnya. Saat petugas akan menggeledah sel miliknya, mereka tidak dapat menemukan perangkat komunikasi yang dimaksud. Namun diketahui kemudian bahwa Rajaram telah lebih dulu menelannya sebelum petugas memeriksa selnya.

Narapidana itu kemudian segera dilarikan ke Rumah Sakit Deen Dayal dan segera menjalani prosedur operasi untuk mengeluarkan ponsel dari dalam perutnya.  Dokter berhasil mengeluarkan sebuah ponsel China dari dalam perut narapidana itu, tetapi SIM mikro dan perangkat pengisi daya berukuran mini masih belum dapat dikeluarkan.

“Benda lain yang masih tertinggal akan dikeluarkan saat operasi berikutnya,” kata petugas medis rumah sakit. Tak jarang satu set perangkat ponsel digunakan oleh banyak tahanan di dalam penjara.

Penjara Tihar di New Delhi mampu menampung hingga 16.000 narapidana. Petugas kerap menggelar pemeriksaan sel secara mendadak dan kerap menemukan banyak ponsel yang disembunyikan para tahanan. Setelah insiden yang terjadi baru-baru ini, sistem keamanan di Penjara Tihar saat ini tengah berada di bawah pengawasan.