Soal Lem Aibon Rp 82 M, Mendagri Tito Akan Temui Anies

Soal Lem Aibon Rp 82 M, Mendagri Tito Akan Temui Anies

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengaku akan menemui secara langsung Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

Hal tersebut menyusul kehebohan alokasi anggaran senilai Rp 82,8 miliar untuk pembelian lem merek Aica Aibon dalam salah satu pos Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Nanti saya komunikasikan dengan pak Gubernur. Bicara dengan pak Anies dan pak Prasetio, saya kan kenal baik dua-duanya,” jelas Tito di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Tito menegaskan belum mengetahui secara gamblang alokasi pos APBD pemerintah provinsi DKI Jakarta yang membuat heboh jagat maya itu. Maka, hal ini akan terlebih dulu di koordinasikan.

“Kita lihat saja nanti. Kan masih ada mekanisme internal di sana. Ada inspektoratnya, ada kajian di DPRD nya. Kita belum mengintervensi sampai ke sana dulu,” tegasnya.

Jagat dunia maya dihebohkan oleh beberapa pos dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jakarta 2019. Salah satunya adalah mata anggaran Rp 82,8 miliar untuk pembelian lem merek Aica Aibon.

Anggaran sebesar itu dibongkar oleh Anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta William Aditya Sarana. Dalam akun twiter-nya William merasa heran anggaran untuk lem Aibon saja bisa sampai miliaran rupiah.

“Ditemukan anggaran aneh pembelian lem aibon Rp 82 milliar lebih oleh Dinas Pendidikan. Ternyata Dinas Pendidikan mensuplai 2 kaleng lem Aibon per murid setiap bulannya. Buat apa?” cuit William.

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta sebelumnya merespon anggaran sebesar Rp 82,8 miliar untuk pembelian lem Aibon diduga merupakan kesalahan ketik saat meng-input ke web APBD DKI. “Kami sedang cek ke semua komponen untuk diperbaiki,” ucap Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susi Nurhati, saat dihubungi terpisah.