Penyebab Tibulnya Suatu Kejahatan

Gejala-gejala timbulnya suatu kejahatan agak sulit untuk dirumuskan secara pasti karena sukarnya untuk menggali sebab-sebab timbulnya kejahatan. Proses untuk menemukan sebab-sebab timbulnya suatu kejahatan perlu dipertimbangkan hubungan antara kejahatan dengan beberapa faktor yang dianggap sebagai penyebab yaitu :

Image result for kejahatan
  1. Sebab-sebab kejahatan yang timbul dari hubungan antara sifat keserakahan artinya manusia yang tidak pernah cukup dan puas terhadap barang-barang atau kebutuhan-kebutuhan hidup yang diperolehnya.
  2. Sebab-sebab kejahatan timbul dari sifat-sifat jahat yang datangnya dari luar diri manusia itu sendiri, artinya tindakan kejahatan diluar kehendak sadar pelakunya. Dalam hal ini, pelaku kejahatan dianggap tidak bersalah sebab tindakan yang dilakukan bukan atas kemauan yang bersangkutan.
  3. Sebab-sebab kejahatan timbul dari pengaruh iklim. Mengenai hal ini banyak yang mengaggap kurang rasional, sebab banyak orang yang beranggapan bahwa iklim bukan suatu pengaruh yang begitu menentukan bagi seseorang untuk berbuat jahat.
  4. Sebab-sebab kejahatan yang timbul dari sudut pandang yang sifatnya individualis. Premis ini menerangkan bahwa manusia mengatur perilakunya atas dasar pertimbangan demi kesenangan atau sebaliknya penderitaan. Artinya manusia dianggap mempunyai kemampuan beralternatif dalam berbuat yang menyenangkan atau berbuat yang mungkin dapat menimbulkan penderitaan.
  5. Sebab-sebab kejahatan timbul dari garis keturunan. Premis ini menerangkan timbulnya perbuatan jahat karena adanya faktor bakat yang tersapat di dalam diri manusia. sedangkan indikator pelakunya biasanya dapat dilihat dari bentuk lahiriah atau dengan ciri-ciri fisiknya.
  6. Sebab-sebab kejahatan timbuln karena kemelaratan atau kemiskinan akan kebutuhan hidup. Premis ini dapat menggambarkan awal timbulnyakehendak jahat dalam diri seseorang atas dorongan dari keinginan untuk mendapat apa yang tidak dimilikinya atau menambah apa yang telah dimiliki.
  7. Sebab-sebab kejahatan timbul dari pengaruh lingkungan. Premis ini menggambarkan bahwa faktor lingkungan yang memungkinkan mendorong manusia untuk dapat mengembangkan diri dan kemampuannya terutama dengan adanya kesempatan pniruan terhadap masyarakat.