Langkah Sederhana Lindungi Si Kecil dari Kejahatan Pedofilia

Pedofil, ya itu memang sebutan bagi orang dewasa yang suka “memangsa” anak kecil. Maksud dari memangsa sendiri adalah menjadikan anak kecil sebagai target untuk memuaskan hasrat seksualnya. Pedofil saat ini menjadi momok serius bagi orang tua, karena mereka takut anaknya akan menjadi target pedofil. Kaum pedofil tidak hanya menjadikan gadis kecil sebagai target, terkadang menjadikan sesama jenis (anak laki-laki) menjadi target mereka. Kaum pedofil tidak memperdulikan apa jenis kelaminnya dan siapa mangsanya, tapi yang penting bagi mereka siapa yang mereka sukai itulah targetnya.

 

Kaum pedofil dalam aksinya mempunyai perkumpulan tersendiri, biasanya di situs jejaring sosial. Mereka akan mengupload foto target mereka ke grup di situs jejaring sosial lalu dalam beberapa hari yang bersangkutan akan mengupload videonya bersama target seperti yang ditemukan dalam akun grup Facebook Lolycandy.

 

Kasus terkini adalah ancaman yang menimpa anak artis Nafa Urbacj.Yang sedang terkini adalah ancaman yang menimpa anak. Berita online yang memuat tentang anaknya dikomentari oleh beberapa netizen yang diduga pedofil dengan kata ”loli”. Loli merupakan sebutan untuk target kaum pedofil. Baru-baru ini juga ditemukan akun-akun sosial media yang memposting soal “kaus kutang atau singlet anak” yang juga sangat mengkhawatirkan.

 

Kasus pedofilia harus segera dicegah mulai dari keluarga kita, berikut adalah langkah yang bisa dilakukan orang tua untuk melindungi anaknya dari kasus pedofilia:

 

1. Pastikan lingkungan sekitar anda aman

Kejahatan Pedofilia

Tidak bisa dipungkiri bahwa lingkungan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Jangan sampai lingkungan sekitarmu tidak mendukung tumbuh kembang anak. Pastikan lingkungan aaman dari kejahatan, khususnya kejahatan pedofilia. Jalin komunikasi yang intens dengan warga sekitar untuk menjamin keamanan keluarga termasuk si kecil. Jika kamu sering melakukan komunikasi dengan tetangga sekitar, kemungkinan besar tetangga akan ikut menjaga keselamatan keluarga terutama anak anda.

 

2. Awasi pergaulan anak anda

Pergaulan anak juga berpotensi menjadi sasaran empuk pedofil dalam melancarkan aksinya. Pastikan pergaulan si kecil aman, setidaknya kamu mengetahui siapa saja teman-temannya. Bukan berarti  harus mengekang si kecil untuk bergaul dengan teman sebayanya, tapi selalu awasi dari kejauhan agar anak anda bisa secara leluasa bergaul dengan temannya. Selalu beri pesan kepada anak anda untuk berhati-hati, dan beri batasan waktu bermain kepada anak anda.

 

3. Ajarkan anak anda untuk tidak mudah mempercayai orang lain yang belum dikenal

Kejahatan Pedofilia

Ancaman dari dunia luar sangatlah berbahaya untuk anak, karena sifat anak yang masih terbilang polos. Ajari si kecil untuk tidak mudah mempercayai orang lain yang belum dikenal. Biasanya oknum tertentu akan mengiming-imingi anak dengan hadiah dengan syarat mengikuti kemauannya. Pesankan kepada anak jika menemui hal seperti itu sebaiknya menghindar, menolak, dan bila perlu meminta pendampingan kepada guru jika itu terjadi di sekolah.

 

4. Ancaman pedofil bisa saja dilakukan oleh kerabat terdekat

Kejahatan Pedofilia

Sudah banyak kasus pelecehan seksual terhadap anak yang pelakunya adalah saudaranya sendiri. Lalu seperti apa langkah yang harus dilakukan oleh orang tua menyikapi hal ini? Orang tua bisa berpesan kepada anaknya untuk tidak menuruti kemauan yang mencurigakan seperti anak disuruh telanjang tanpa sebab. Kamu bisa memasang kamera pengintai dirumah utnuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kejahatan pedofilia. Bila dimungkinkan terjadi diluar rumah, pesankan kepada anak agar dia berteriak sekencang kencangnya jika mengalami hal yang tidak seharusnya terjadi.

5. Ajarkan ilmu agama kepada anak secara baik dan mantapkanlah ilmunya

Kejahatan Pedofilia

Ilmu agama menjadi benteng terkuat untuk mencegah hal ini. Ilmu agama perlahan akan mendewasakan psikologis anak, sehingga anak bisa mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Ketika anak sudah memahami hal tersebut, dia akan memproteksi dirinya dari kejahatan yang tidak semestinya terjadi pada anak, termasuk kejahatan pedofilia.

 

6. Jangan sering memposting foto si kecil di sosial media

Kejahatan Pedofilia

Sebagai orang tua pasti kamu senang untuk berbagi kegiatan bersama si kecil di sosial media. Tapi hal ini malah bisa menjadi bumerang. Seperti yang kamu ketahui saat ini sudah ditemukan berbagai akun sosial media yang menyebarkan foto-foto anak di grup pedofil. Siapa saja bisa menjadi korban dari pedofilia, jadi kamu juga harus berhati-hati.

 

7. Ajarkan soal sosial media ke anak

Kejahatan Pedofilia

Anak jaman sekarang memang sudah sangat dekat dengan sosial media, padahal sosial media yang tidak digunakan dengan baik malah bisa membahayakan. Jika anakmu sudah memiliki sosial media ajarkan batasannya, jangan sampai anakmu menjadi korban kejahatan pedofilia.

Semoga cara yang telah kami sampaikan bermanfaat untuk anda, terutama orang tua. Mari berantas kejahatan pedofilia mulai dari keluarga kita sendiri. Karena kejahatan akan sulit ditekan jika tak ada kesadaran dari kita untuk ikut memberantas.