Polisi Ungkap Penipuan Dengan Modus Menggandakan Uang Di Gianyar

Juma’ari dan Anwar diamankan karena telah melakukan tindak penipuan dengan modus dapat menggandakan uang di Gianyar, Bali. Akibat dari aksi keduanya, korbannya merugi hingga ratusan juta.

“Si korban kan dimintakna untuk memberikan sejumlah uang yang kemudian dimasukan kedalam sebuah amplop. Di amplop tersebut dikasih doa seorang Muslim, kemudian jimat,” jelas Kapolsek Payangan AKP I Gede Sudyatmaja ketika menjelaskan modus dari kedua pelaku.

Polisi Ungkap Penipuan Dengan Modus Menggandakan Uang Di Gianyar

Pelaku menjelaskan bahwa uangnya akan berubah berlipat ganda karena telah diberi doa dan jimat oleh pelaku yang mengakui kyai. Sudyatmaja menjelaskan lebih lanjut bahwa kedua tersangka berhasil memperdaya korban dengan menjelaskan bahwa nantinya jimat tersebut yang akan mengeluarkan uang hingga Rp 20 miliar.

“Jimat tersebut nantinya yang akan melipatgandakan uang yang telah dititipkan oleh korban,” kata Sudyatmaja.

Sudyatmaja menerangkan bahwa kedua pelaku sesungguhnya berasal dari Jember, Jawa Timur. Keduanya ditangkap pada Kamis, 13 Februari 2020 oleh aparat dari Polsek Payangan, Gianyar.

Polisi saat ini menemukan korban yang telah menyetorkan uang RP 125 juta. Polisi akan mengembangkan kasus ini dengan menelusuri korban penipuan lainnya dari praktek keduanya.

“Sementara yang pastinya ada duit baru satu orang yaitu sebanyak Rp 125 juta. Kami masih menelusuri lebih jauh apakah ada korban lainnya,” jelas Atmaja.