Tentara Gadungan Berhasil Dibekuk Oleh Kodim 0822 Bondowoso

Aparat dari Kodim 0822 Bondowoso mengamankan seorang pria yang mengaku sebagai anggota TNI. Anggota TNI ini diduga merupakan tentara gadungan yang mengaku memiliki pangkat Letkol.

Sebagaimana tertera di SIM-nya, pelaku tersebut bernama Ferdinand Mesias Santi (45) dengan alamat berada di Jalan Denki, Bandung dan pekerjaan sebagai anggota TNI AU.

Pria yang berasal dari Bandung tersebut terungkap setelah Komandan Kodim 0822 Bondowoso berinteraksi langsung dengan pelaku secara intensif. Saat itulah kedoknya terbongkar.

“Awalnya saya telah curiga bahwa dia itu adalah TNI gadungan,” jelas Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Inf. Jadi.

Tentara Gadungan Berhasil Dibekuk Oleh Kodim 0822 Bondowoso

Jadi menjelaskan bahwa terungkapnya pelaku adalah tentara gadungan berawal ketika ditanya lulusan sekolah militer apa, dari kesatuan mana serta beberapa hal yang terkait dengan TNI.

“Pelaku mengaku memiliki Letkol. Namun ada pengakuannya yang tanpa dia ketahui tidak cocok dengan fakta di lapangan seperti nomor yang digunakan merupakan nomor unutk bintara,” kata Jadi.

Tidak hanya itu, didalam pengakuan terhadap Letkol Inf. Jadi tersebut, pelaku juga berubah-ubah yaitu dari angkatan darat menjadi angkatan laut lalu angkatan udara.

“Setelah saya desak, akhirnya dia ngaku bahwa dia sebenarnya adalah tentara gandungan,” lanjut Jadi.

Ketika diamankan ke Makodim 0822, pelaku berpakaian dinas lengkap dengan tanda pangkat, seragam loreng, topi dan sepatu lars seperti anggota TNI pada umumnya.

Setelah terungkap kedoknya, pelaku lalu dibawa ke Polres Bondowoso untuk diproses.